Propellerads : Alternatif pengganti adsense yang menjajikan

Akhir tahun 2017 para blogger dikagetkan dengan perubahan algoritma adsense secara massal. Google menerapkan aturan ketat kepada setiap blogger yang ingin bergabung dengan google adsense. Aturan itu berupa review site, yang berarti setiap blog yang ingin kita pasang iklan dari goggle adsense harus melewati pase review, dengan delay waktu 24 (dua puluh empat jam) jam, 1 (satu) minggu bahkan bisa lebih lama. Itupun syukur kalo blog kita lolos review. Belum lagi disable account alias banned google.Para blogger sudah tidak asing dengan istilah banned, ini merupakan hal yang menjengkelkan. Betapa tidak, saat akan mau terima gaji malah account kita kena banned atau didisable oleh google.

Sehingga banyak yang mencari alternatif sebagai pengganti adsense, salah satunya adalah propellerads.com walaupun tidak segurih adesense tetapi cukup menjanjikan bagi blogger yang memiliki traffic sitenya lumayan. Kita cukup mendaftarkan diri sebagai publisher dan akan langsung diterima oleh pihak propellerads.

Sedikit sekilas mengenai Propellerads

Apakah Propellerads?

Propellerads merupakan merupakan salah satu perusahaan Adtech dengan pertumbuhan sangat cepat (perusahaan advertising teknologi merujuk pada seluruh software maupun teknikal solusi hingga layanan menyampaikan, menargetkan iklan) yang berdiri pada tahun 2011 di inggris. Perusahaan ini menyajikan iklan online berbasis CPM (Cost per Million) dan CPS (Cost Per Sale) kepada Publisher dan bagi Advertiser ada sistem CPA (Cost Per action) serta CPL (Cost Per Lead).

Selama 8 (delapan) tahun ini propellerads sudah sangat berkembang dengan berbagai varian iklan yang cukup menarik dan menjanjikan. Iklan iklan tersebut ada yang responsive sehingga bisa dipasang di desktop ataupun mobile. Berikut jenis iklan yang ditawarkan bagi publisher propellerads

  • Native Banner (jenis iklan baru)

Iklan ini adalah format iklan yang akan muncul di widget/disamping konten website anda yang relevan. Salah satu jenis iklan yang diberikan oleh propellerads untuk meraih keuntungan dengan tidak mengganggu pengalaman pengunjung saat akan melihat website anda

  • Onclick (popunder)

Iklan Onclick atau Popunder adalah salah satu jenis iklan yang disediakan oleh propellerads dengan kinerja terbaik untuk memonetize website anda. Iklan akan muncul di tab browser baru secara penuh sehingga tidak mengganggu pengunjung saat melihat website kita.

Pengunjung web anda tidak perlu mengklik banner atau iklan apapun dan jendela ini akan terbuka secara otomatis saat situs anda dikunjungi.

  • Interstitial

Iklan interstitial adalah iklan yang memuat cepat, unit iklan ini dapat diabaikan. Iklan jenis ini biasanya ditampilkan sebelum atau sesudah halaman situs web tertentu. Untuk monetisasi tambahan iklan ini sangat sesuai. Dan juga iklan ini memiliki CTR yang tinggi

  • Smart link (direct ads)

Merupakan jenis URL khusus yang dirancang untuk memonetisasi segala jenis lalu lintas secara otomatis. Iklan ini akan membawa pengunjung ke pennawaran paling relevan berkat mekanisme rotasi cerdas yang disediakan propellerads. Solusi terbaik untuk berbayar (pop), redirect, 404 traffic, toolbar ataupun domai kadaluarsa.

Propellerads melayani blog / website dengan berbagai macam topik (niche) diantaranya game, film, animasi, software, teknologi bahkan keuangan juga bisa. Untuk bergabung menjadi publisher sangat mudah. Tidak ada jumlah minimal traffic untuk bisa menjadi anggota propellerads, setelah verifikasi anda akan langsung diterima dan bisa langsung memasang iklan di website anda. Di bidang iklan popunder, propellerads yang berbasis CPM dengan fill rate 100% bagi web luar negeri, jadi sebisa mungkin teman teman daftarkan blog luar agar pendapatannya maksimal. Tarif eCPM propellerads berada antara $0,25 hingga $10 tergantung jenis dan lokasi iklan.

Katakanlah apabila anda meletakkan iklan pop under di website anda dengan pengunjung 3000 perhari dan penghasilan rata-rata website sekitar $2 , maka hitungan pendapatan anda adalah 3000/1000 x $2 . Pendapatan perhari website anda adalah sekitar $6 perhari. . Propellerads juga menawarkan program referal dimana kita akan mendapatkan penghasilan sebesar 5% dari iklan referal dan dibayar seumur hidup.

Bagaimana cara menjadi publisher PropellerAds?

Seperti yang saya sampaikan bahwa untuk menjadi publisher PropellerAds sangat mudah. Anda dapat mendaftarkan blog apa saja yang menggunakan platform berbayar ataupun platform gratisan.

Berikut Langkah-langkah menjadi Publisher PropellerAds

  1. Kunjungi web propellerads di www.propellerads.com
  2. Kemudian Pilih Publisher

3. Isi Formulir sesuai dengan data yang terlampir

  • account type: Individual atau Company
  • data diri : data pribadi anda sesuai KTP
  • email : email yang anda gunakan
  • ID Skype

Setelah melakukan pengisian data dengan benar, klik tombolSign Up untuk mendaftar. Kemudian anda akan menerima email verifikasi dari propellerads, klik link verifikasi dan anda akan diapprove oleh pihak propeller.

Setelah langkah ini, kemudian silakan addsite (tambah blog) website anda yang akan di monetize. Masuk ke halaman dashboard propellerads pilih tombol addsite yang ada dipojok kanan atas yang berwarna biru. Anda akan diberikan kode verify seperti gambar dibawah ini.

Lihat gambar

Masukkan kode verify yang diberikan oleh propellerads pada website anda pada bagian header (tepatnya antara <head> dan <body>). Setelah kode tersebut sudah dipastikan terletak di bagian header, save/update website anda. Kemudian tekan tombol verify yang tersedia di dashboard propellerads, otomatis website anda akan langsung diapprove oleh propeller.

Bagaimana cara memasang iklan di propellerads?

Pada propellerads disediakan berbagai macam tipe/varian iklan (pada propeller di istilahkan dengan create zone) yang cukup menarik bagi publisher. Kita tinggal memilih iklan apa yang kita inginkan, untuk memilih iklan harus kita sesuaikan dengan traffik website kita. Bila kita masih memiliki traffic dibawah 100 (seratus) per hari kita bisa menggunakan pop under tapi bila sudah lebih besar atau 1000 (seribu) per hari kita bisa memilih yang native banner (atau dikombinasikan).

Berikut cara pemasangan iklan, disini saya memakai onclick (pop under). Silahkan klik atau pilih iklan onclik, setelah itu propellerads akan memberikan kode iklan. Anda akan diberikan dua jenis kode iklan yaitu antiblok iklan dan iklan itu sendiri. Klik tombol Get Tag ,kemudian copy kode tersebut (biasanya saya memilih kode yang format.php), pastekan di bagian mana anda akan memasangya, biasanya saya meletakkannya di bagian footer atau bawah blog (khusus untuk kode antiblock).

Setelah verifikasi dan pemasangan iklan saatnya anda meraih keuntungan dari website anda. Laporan penghasilan anda perhari dapat anda lihat di halaman dashboard propellerads dipojok kanan paling atas.

Bagaimana cara pembayaran propellerads?

Propellerads akan melakukan pembayaran setelah penghasilan ambang batas mencapai $100. Publisher dapat melihat dan mengontrol laporan penghasilan mereka dengan grafik maupun list perhari mereka secara detail. Propeller menyediakan beberapa pilihan pemabayaran. Publisher dapat memilih mencairkan keuntungan yang diperoleh dengan metode pencairan sebagai berikut:

  1. Paypal
  2. WebMoney
  3. Payoneer
  4. Skrill
  5. Transferbank

Selain itu propellerads juga memberikan kemudahan untuk mengganti metode pembayaran anda kapanpun anda mau. Untuk setiap penarikan kita tidak dibebankan oleh biaya apapun.

Demikian ulasan saya berdasarkan pengalaman meraih keuntungan/penghasilan melalui propellerads. Menurut saya inilah jaringan iklan yang menjanjikan membayar selain adsense. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mencoba menjadi publisher di propellerads.

Tags: